Senin, 24 Juni 2013

10 Tips Diet Sehat

Terkadang kita merasa sangat tidak PD saat kita merasa tubuh kita terlalu gemuk. Hingga berbagai cara dilakukan untuk membuat tubuh lebih langsing. Salah satu caranya adalah diet. Diet sehat bukan berarti harus makan makanan yang hambar dan tidak menarik. Selama diet, pastikan nutrisi tubuh seimbang dan kaya serat. Tidak masalah jika sesekali makan cheeseburger. Pastikan pula untuk membatasi seberapa sering Anda makan makanan tersebut, dan makanlah dengan porsi kecil.

kiyutsehat.blogspot.com
kiyut.sehat.blogspot.com

Berikut ini 10 Tips Melakukan Diet Sehat:
1.     Konsumsi makanan tinggi serat yaitu biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Mereka adalah sumber karbohidrat baik yang bergizi dan relatif rendah kalori. Makanlah 20 sampai 30 gram serat makanan yang Anda butuhkan setiap hari. Ini akan memperlambat penyerapan karbohidrat, menurunkan kadar insulin dan gula darah.
2.   Konsumsi sayuran hijau dan buah berwarna oranye atau kuning, seperti brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk kaya akan antioksidan. Ini dapat membantu melindungi dari pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya.
3.     Batasi konsumsi makanan manis. Konsumsi makanan manis berlebih akan menaikkan kadar lemak karena gula kalori.
4.   Kurangi lemak. Lemak hewan kaya akan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dan dapat merugikan kesehatan. Pilihlah daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit dan lemak, atau produk susu rendah lemak.
5.   Kurangi konsumsi lemak trans. Lemak trans terdapat pada makanan olahan dan makanan cepat saji seperti minyak dalam kemasan mie instan.
6.   Perbanyak makan ikan dan kacang-kacangan yang mengandung lemak tak jenuh. Ganti margarin dengan minyak zaitun.
7.   Batasi asupan kolesterol, yaitu di bawah 300 miligram per hari. Sumber kolesterol seperti: daging unggas, produk susu, dan kuning telur.
8.   Cukupi asupan kalsium. Sumber kalsium rendah lemak seperti susu skim dan yogurt rendah lemak.
9.   Cobalah untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan, bukan dari suplemen.
10. Pertahankan berat badan ideal, keseimbangan energi asupan dengan keluaran energi.

Demikian sedikit info mengenai tips diet sehat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar